Matangkan Persiapan Perkuliahan, Fakultas Syariah UIN Bukittinggi Adakan Rapat Dosen

Kamis, 1 September 2022, Fakultas Syari’ah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi adakan Rapat Dosen sebagai persiapan untuk memasuki pembelajaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023. Rapat Dosen kali ini terasa spesial karena dihadiri oleh hampir semua unsur pimpinan UIN Bukittinggi. Hadir dalam rapat ini Rektor UIN Bukittinggi, Prof. Dr. Ridha Ahida, M.Hum, Wakil Rektor II, Dr. Novi Hendri, M.Ag., Wakil Rektor III, Dr. Miswardi, M.Hum, Kepala Biro AUAK UIN Bukittinggi, Drs. Syahrul Wirda, MM. Rapat dimoderatori oleh Afrizal AZ, S.Ag., MA.

Dekan Fakultas Syariah, Dr. H. Ismail, M.Ag, dalam pembukaan rapat memberikan semangat kepada semua dosen untuk selalu meningkatkan kompetensi masing-masing dosen menuju fungsional tertinggi, yaitu Guru Besar. “Fakultas Syariah merupakan fakultas tertua yang menjadi pondasi UIN Bukittinggi ini, tapi belum ada satupun Profesor yang lahir dari Fakultas Syariah. Ini harus menjadi perhatian kita semua. Mari kita hidupkan diskusi ilmiah dosen, supaya kita bisa melahirkan karya ilmiah yang berkualitas.” Ujar Pak Dekan

Kepala Biro AUAK UIN Bukittinggi, Drs. Syahrul Wirda, MM. dalam sambutannya menyampaikan tentang validasi data yang harus menjadi perhatian semua pihak, selain itu beliau juga berharap kepada semua dosen untuk selalu memberikan motivasi dan semangat kepada tiga ribuan mahasiswa baru yang menggantungkan masa depannya di kampus ini. “Empat tahun ke depan mereka akan lulus dan akan mengabdi di tengah-tengah masyarakat.” Ungkap Pak Ka. Biro.

Wakil Rektor III, Dr. Miswardi, M.Hum. banyak menyampaikan tentang peran dosen dalam meningkatkan kualitas dan daya saing mahasiswa. “Mahasiswa kita harus memiliki Inovasi dan keterampilan karena yang dibutuhkan dunia kerja bukan lagi nilai IPK yang tinggi, akan tetapi keterampilan alumni kita.” Jelas Pak WR III. Beliau juga menekankan kepada para dosen untuk selalu meng-update informasi dan keilmuan, supaya mahasiswa tidak lebih tau dibandingkan dosen tentang materi pembelajaran.

Wakil Rektor II, Dr. Novi Hendri, M.Ag. sesuai dengan bidang beliau menyampaikan informasi-informasi tentang fasilitas pengadaan meja dosen, tempat sholat untuk gedung Fakultas Syari’ah. Beliau juga menyampaikan kabar gembira tentang jalan baru yang sedang dipersiapkan. “Kita sedang mengusahakan pembangunan jalan baru yang lebarnya 40 Meter, tentu jalan ini akan terlihat megah, apalagi jika nanti disambut oleh gerbang mewah yang nantinya.” Jelas Pak WR II.

Rektor UIN Bukittinggi, Prof. Dr. Ridha Ahida, M.Hum menginformasikan tentang usulan UIN Bukittinggi untuk mendirikan S3 Ilmu Syari’ah sudah memasuki tahap visitasi. Beliau juga menekankan tentang Percepatan Guru Besar untuk bidang keilmuan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Ilmu Syariah. “Ini menjadi angin segar dan kesempatan bagi dosen-dosen Fakultas Syariah untuk bisa memanfaatkan peluang ini menjadi Guru Besar sesegera mungkin.” Ungkap Buk Rektor yang baru saja mendapat anugrah sebagai Guru Besar ini.

Agenda rapat dosen ini juga diisi dengan penyampaian pembagian jam mengajar dosen oleh Wakil Dekan I Fakultas Syari’ah, Dr. Nofiardi, M.Ag. (Tim Redaksi FSyar)

Leave a Reply