HMPS HES UIN Bukittinggi Adakan Constitutional Seminar and Debate 2022

Sabtu, 17 Desember 2022, HMPS HES UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi kembali mengadakan kegiatan Constitutional Seminar and Debate (CSD) 2022. Kegiatan CSD tersebut diselenggarakan di Kampus 1 UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Kegiatan CSD berlangsung 17-18 Desember 2022. Kegiatan ini diisi kegiatan Seminar Nasional dan Debat Konstitusi.

Kegiatan CSD dibuka secara langsung oleh Kaprodi HES, Dr. Beni Firdaus, SHI., MA. Pembukaan kegiatan turut dihadiri oleh Ria Wijiyanti, S.T, M.Si (Kabiro Perekonomian Setda Prov. Sumbar) selaku Keynote Speaker, Drs. Asra Faber, MM (Anggota DPRD Prov. Sumbar) selaku pemateri seminar nasional, tamu undangan (ketua umum) ormawa selingkup fakultas syariah, dan Mahasiswa.

Kegiatan seminar nasional dilangsungkan dengan penyampaian materi oleh Drs. Asra Faber, MM. dan Dr. Beni Firdaus, SHI., MA dengan pembahasan “Perkembangan Ekonomi Berbasis Islam di Era 5.0” dengan ruang lingkup daerah dan nasional.

Ibuk Ria Wijayanti S.T, M.Si selaku Kepala Biro Perekonomian yang langsung hadir mewakili Gubernur Sumatera Barat sangat mengapresiasi acara yang dilaksanakan oleh HMPS HES ini, beliau menyampaikan acara ini harus terus dikembangkan dalam tujuan mengiatkan ekonomi syariah di Sumatera Barat. “Insya allah kami  selaku Kabiro Perekonomian Sumatera Barat akan tetap membuka ruang untuk berdiskusi dengan adik-adik mahasiswa dan seluruh intelektual terkait, demi mengembangkan ekonomi syariah di Sumatera Barat.” ucapnya..

Disisi lain Bapak Asra Faber selaku Anggota DPRD Komisi lll Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) yang juga Alumni Fakultas Syariah UIN Bukittinggi sangat mengapresiasi acara CSD HES 2022 ini, beliau menyampaikan untuk mengembangkan ekonomi syariah di Sumatera Barat dan untuk mengimplementasikan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah kita harus bersama-sama, baik itu eksekutif, legislatif, mahasiswa dan seluruh pihak terkait harus bersinergi dan sejalan demi mengembangkan ekonomi syariah di Sumatera Barat.

Ketum Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) HES Muhammad Iqbal menyebutkan bahwa acara ini adalah bentuk dari kerja keras, semangat juang dan kebersamaan di tengah keterbatasan akses dan dana yang ada, kawan-kawan kepanitiaan dan kepengurusan tetap menuntaskan proker terakhir HMPS HES di akhir kepengurusan di tahun 2022,

Disaat bersamaan Bendahara Umum HMPS HES, Randa Airlangga juga menyampaikan rasa senang dan terharu yang luar biasa, karna tidak pernah membayangkan pihak dari Pemprov dan DPRD Sumbar langsung yang menghadiri acara dan menjadi pembicara di acara CSD HES 2022 ini.

Selain kegiatan seminar, juga dilangsungkan kegiatan Lomba Debat Konstitusi antar mahasiswa Fakultas Syariah. Kegiatan ini diharapkan dapat melatih kemampuan public speaking dan mempersiapkan kader terbaik untuk lomba debat ditingkat berikutnya.

(Tim Media HMPS HES UIN SMDD Bukittinggi)