Fakultas Syariah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi Adakan Workshop Penyusunan VMTS Prodi-Prodi dan Fakultas


Rabu-Kamis, 7-8 Juni 2023 Fakultas Syariah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi bersama Prodi-Prodi di selingkup Fakultas Syariah melakukan Workshop Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS). Workshop Penyusunan VMTS Prodi-Prodi dan Fakultas Syariah ini menghadirkan narasumber dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. Sudirman Hasan, S.Ag., M.A. yang sekarang menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hadir dalam Workshop Penysunan VMTS yang dilakukan secara hybrid ini dari beberapa unsur, diantaranya dosen-dosen Fakultas Syariah, ada Yesa Amanda dan Vanesha Zakiya Muthmainnah Yaser dari unsur Mahasiswa, Khairul, SHI, MH. dari Kantor Urusan Agama (KUA), Dr. Yengkie Hirawan, S.Ag., M.Ag. dari Pengadilan Agama (Ketua Pengadilan Agama Batusangkar), Yayan Adi Saputra, SE. dari Bank Pengkreditan Rakyat Syariah (BPRS). Ada juga Nurhidayati, SH., yang sekarang bekerja di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Barat dari unsur alumni.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama, semua unsur yang terdiri dari pimpinan Fakultas dan Prodi, Bapak/ibu Dosen, Mahasiswa, Alumni dan Pengguna Lulusan merancang secara bersama-sama VMTS Fakultas Syari’ah, VMTS Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), VMTS Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), VMTS Prodi Hukum Tatanegara (HTN), dan VMTS Prodi Hukum Pidana Islam (HPI). Banyak sekali masukan dan saran yang diberikan oleh semua unsur.

Setelah pada hari pertama merancang VMTS Fakultas dan Prodi, maka pada hari kedua Dr. Sudirman Hasan, S.Ag., M.A. yang juga seorang assessor memberikan materi tentang VMTS kemudian membedah rancangan VMTS yang sudah dirancang sebelumnya.

Secara umum, rancangan VMTS yang sudah diberikan kepada saya ini sudah bagus dan sesuai dengan tuntutan akreditasi, hanya saja ada beberapa redaksi dan penjabaran yang perlu dilakukan.” Ujar Pak Sudirman Hasan.

Dekan Fakultas Syariah, Dr. Nofiardi, M.Ag. diakhir acara mengucapkan termakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam workshop ini. “Terimakasih banyak kepada Narasumber kita yang luar biasa, Dr. Sudirman Hasan, S.Ag., M.A., beliau orang hebat yang juga seorang Assesor, tentu masukan beliau sangat membantu terselesaikannya Visi, Misi, Tujuan dan Strategi ini. Terimakasih banyak juga Kami sampaikan kepada semua unsur pengguna lulusan, ada dari Pengadilan Agama, KUA dan BPRS. Dan juga kepada dosen dan mahasiswa Fakultas Syariah. Masukan-masukannya sangat luar biasa demi kemajuan Fakultas Syariah kedepannya. VMTS ini akan segera kita selesaikan dan kita SK kan sesegera mungkin.” Ujar Pak Dekan (Tim Redaksi FSyar)