Dekan Fakultas Syariah Tergabung Dalam Tim Penelitian Kerjasama UIN Bukittinggi dengan Pemko Bukittinggi

Kerjasama antara Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi dengan Pemerintahan Kota Bukittinggi terus berlanjut, kali ini dimotori oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi dan Bapelitbang Kota Bukittinggi. Kerjasama yang dilakukan ini terwujud dalam bidang penelitian.

Kerjasama penelitian antara LP2M UIN Bukittinggi dengan Bapelitbang Kota Bukittinggi sudah menghasilkan penelitian dengan judul “Indeks Kesalehan Sosial Kota Bukittinggi tahun 2022” penelitian ini diketuai oleh Prof. Dr. Silfia Hanani, M.Si. Dekan Fakultas Syariah, Dr. Nofiardi, M.Ag. ikut tergabung dalam tim penelitian tersebut.

Untuk kedepannya, penelitian-penelitian dengan tema lain seputar Kota Bukittinggi yang sesuai dengan keilmuan yang ada di UIN Bukittinggi akan dimunculkan dari hasil kerjasama tersebut. Kepala Bapelitbang Kota Bukittinggi Herriman, SH, M.Hum mengatakan, “Kerjasama penelitian ini akan berlanjut untuk seterusnya, kita juga tidak berharap penelitian yang sudah kita laksanakan ini adalah penelitian yang terakhir, kita nanti akan melihat tema penelitian apa saja yang bisa kita berikan ke UIN Bukittinggi sesuai dengan bidang keilmuannya. Kepala Bapelitbang Kota Bukittinggi berharap hasil penelitian yang sudah dilaksanakan oleh dosen UIN Bukittinggi seputar kota Bukittinggi agar diinformasikan ke Bapelitbang, sehingga hasil penelitian tersebut bisa didesiminasikan guna mengambil kebijakan untuk kedepannya.

Dr. Muhiddinur Kamal, M.Pd selaku ketua LP2M mengucapkan terimakasih kepada pihak Bapelitbang yang sudah mempercayai kerjasama dengan UIN Bukittinggi sebagai mitra dalam melaksanakan penelitian di Kota Bukittinggi. Dr. Muhiddinur Kamal, M.Pd menambahkan kegiatan penelitian ini pada dasarnya adalah bagian dari tugas tri dharma perguruan tinggi yang mesti dilaksanakan oleh masing-masing dosen. Dengan adanya kerjasama ini sinergi penelitian antara Pemko Bukittinggi dengan UIN Bukittinggi saling mendukung.

Pada perinsipnya hasil penelitian yang dilakukan di Kota Bukittinggi sama-sama bermanfaat baik untuk Pemko Bukittinggi dan kampus UIN Bukittinggi. Pemko bisa mengambil kebijakan yang tepat sesuai dengan hasil penelitian tersebut, sedangkan untuk kampus penelitian ini bisa bermanfaat untuk menunjang karir dosennya dan menjadi pertimbangan untuk melaksanakan pengabdian bagi masyarakat khususnya di Bukittinggi.

Terpisah, Dekan Fakultas Syariah, Dr. Nofiardi, M.Ag. menyampaikan, bahwa Kerjasama ini juga memiliki dampak positif terhadap Fakultas Syariah. “Dengan tergabungnya kita di dalam Tim Penelitian ini tentu  juga menguntungkan Fakultas, karena ini akan sangat membantu proses akreditasi prodi-prodi yang ada di Fakultas Syariah.” Ujar Pak Dekan. (Tim Redaksi FSyar)