Fakultas Syariah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi Adakan Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Dosen

Rabu, 11 Januari 2023, Fakultas Syariah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi mengadakan pelatihan penulisan artikel untuk dosen. Pelatihan menulis artikel ini dilaksanakan di Ruangan Pertemuan Fakultas Syariah. Dr. Busyro, M.Ag didapuk sebagai Narasumber dalam Pelatihan ini.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah, Dr. Nofiardi, M.Ag menjelaskan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi kepada para dosen untuk terus melahirkan karya berupa artikel. “Fakultas Syariah memiliki banyak dosen yang berkualitas, dengan adanya pelatihan ini kita harapkan akan lahir Guru Besar nantinya dari Fakultas Syariah. Ini merupakan lanjutan dari kegiatan hari sebelumnya yang diadakan untuk alumni Fakultas Syariah yang baru saja mengikuti wisuda.” Ujar Pak Dekan

Sebagai narasumber, Dr. Busyro menjelaskan tentang metode penulisan artikel yang tepat, dimulai dari penulisan pendahuluan, pemilihan judul yang menarik, sampai penggunaan Mendeley dalam penulisan artikel. “Menulis artikel itu intinya adalah dalam merumuskan pendahuluan, jika pendahuluan sudah tepat, maka penulisan selanjutnya tidak akan terlalu susah.” Ujarnya

Tak lupa, Dr. Busyro, M.Ag mengajak semua dosen untuk berkolaborasi dalam menulis artikel, saling membantu dan saling menguatkan. Menulis artikel jurnal secara pribadi sekarang ini sudah tidak menarik lagi, tapi yang bagus itu adalah artikel yang ditulis secara bersama-sama.

Pelatihan menulis artikel yang diikuti lebih dari 30 orang dosen ini berjalan dengan sangat cair dan penuh semangat. Para dosen saling berbagi dan berdiskusi tentang metode penulisan karya ilmiah. (Tim Redaksi FSyar)