DEMA Fakultas Syarian UIN Bukittinggi Sukses Gelar Pekan Kreativitas Mahasiswa


Rabu-Sabtu, 29 Mei – 1 Juni 2024, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi menggelar Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM ini dilaksanakan di Kampus II UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

Ada 10 Lomba dan Pertandingan yang dilaksanakan dalam PKM ini, baik akademik maupun non akademik, yaitu: Badminton, Volly Ball, Catur, Tenis Meja, Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Muasabaqah Qiraatil Kutub (MQK), Futsal, Debat Konstitusi, dan Mobile Legend.

Ghazi Falih, selaku Ketua Umum DEMA Fakultas Syariah menyatakan bahwa PKM ini bertujuan untuk meningkatkan mutu peserta mahasiswa di perguruan tinggi. PKM dilakukan agar kelak mahasiswa dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, serta budaya.

“PKM ini sangat membantu mahasiswa Fakultas Syariah dalam Mengasahkan kreativitas mahasiswa, Mengasah kemampuan menulis, menyampaikan, serta menuangkan ide kreatif. Menjadi mahasiswa yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, hingga memiliki daya saing tinggi merupakan target utama dalam kegiatan ini.” Ujar Ghazi

PKM DEMA Fakultas Syariah dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Syariah Dr. Beni Firdaus, SHI., MA. “PKM ini sangat membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki dan dapat dikembangkan. Selain itu, bagi yang nantinya juara dalam PKM dapat diikutsertakan pada lomba-lomba baik yang diadakan oleh UIN Bukittinggi maupun oleh kampus lain dan baik itu tingkat nasional maupun internasional.” Ujarnya dalam Sambutannya.

Prodi Hukum Keluarga Islam keluar sebagai juara Umum dalam PKM Tahun 2024 ini. (Tim Redaksi FSYAR)