Penerimaan Mahasiswa Baru di Launcing

Senin (29/01/2018) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi kembali menerima pendaftaran mahasiswa baru Tahun Akademik 2018/2019 usai dilaunching oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta. Acara launching Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) dihadiri oleh Wakil Rektor I (DR. Asyari, S.Ag, M.si) dan Kasubbag Akademik (Tafkir, S.Ag) IAIN Bukittinggi dan para pimpinan PTKIN se-Indonesia.

Menteri Agama dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa SPAN dan UM PTKIN merupakan ajang mempromosikan PTKIN.

Di hadapan para pimpinan PTKIN, Menag mengingatkan bahwa PTKIN memikul tanggung jawab untuk menyebarkan Islam wasathiyah, Islam yang moderat atau Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamiin. “Jika ada mahasiswa atau lulusan PTKIN menjadi ekstrimis, ini perlu dipertanyakan DNA-nya,” kata Menag, Senin (29/01).

Menag juga mengingatkan agar Universitas Islam Negeri (UIN) yang saat ini menyelenggarakan program studi umum agar pengetahuan keislamannya tidak luntur. “Program-program studi keislaman perlu dikawal dengan sebaik-baiknya. Karena itu core kita. Begitu juga program studi yang bersifat umum,” ujarnya.

Menag prihatin, di tengah semangat beragama umat yang semakin tinggi, prodi agama di PTKIN justru lebih kecil peminatnya dari prodi umum. “Ini harus dikaji. Kenapa masyarakat seperti itu,” ujarnya.

Menurut Menag, wawasan dan pendidikan keagamaan penting di tengah meningkatnya semangat keberagamaan umat. Sebab, beragama tidak cukup hanya semangat saja. Lebih dari itu, beragama juga perlu dibekali dengan wawasan dan pengetahun keagamaan. Karena itu, prodi-prodi agama harus dapat menjawab kebutuhan masyarakat saat ini.

Menurut Kabag Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Bukittinggi, Ratnawilis,S.Ag,MM Pendaftaran SPAN PTKIN dijadwalkan berlangsung dari 1-29 Maret 2018. Hasil seleksinya akan diumumkan pada 1 Mei 2018. Untuk pendaftaran UM PTKIN, rencananya akan dibuka mulai 12 April-8 Mei 2018. Ujian akan digelar pada 22 Mei dan hasilnya diumumkan pada 10 Juli 2018. Sedangkan UM Lokal yang diselenggarakan IAIN Bukittinggi dijadwalkan pada bulan Juli 2018 setelah penyelenggaraan UM PTKIN.

Selain itu, seluruh mahasiswa yang sudah lulus ujian masuk dapat mengikuti seleksi beasiswa yang ada di IAIN Bukittinggi antara lain Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Tahfiz, Beasiswa Prestasi (PPA) dan Beasiswa Kajian Keislaman. (Humas IAIN Bukitttinggi)

Leave a Reply