Mahasiswa Fakultas Syari’ah UIN SMDD Ikuti KKN KNMB Tahun 2022 di Papua

Program Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KKN KNMB) tahun 2022 di Papua resmi dibuka Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si aula Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Jl. Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 17 Juli 2022.

Dari sekian banyak peserta KKN KNMB itu, satu orang diantaranya merupakan Mahasiswa Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek (UIN SMDD) Bukittinggi, dia adalah Ahmad Zaki, Mahasiswa Program Studi Hukum Tatanegara (HTN). Ahmad Zaki berhasil lolos dalam program Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KKN KNMB) tahun 2022 di Papua ini setelah melewati berbagi ujian dan seleksi.

Sebelum mengukuti acara penyerahan dan pembukaan KKN KNMB tahun 2022 dimulai, Ahmad Zaki dilepas secera resmi oleh Rektor UIN SMDD, Prof. Dr. Ridha Ahida, M,Hum yang didampingi oleh Wakil Rektor 1 Dr. H. Asyari, S.Ag., M.Si, Dekan Fakultas Syari’ah, Dr. H. Ismail, M.Ag. dan Pejabat di lingkungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SMDD Bukittinggi pada hari Jum’at, 15 Juli 2022.

Rektor UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Prof. Dr. Ridha Ahida, M. Hum berpesan kepada mahasiswa terpilih untuk selalu menjaga kesehatan, norma dan etika selama berada di rantau orang. “Sebagai pendatang, tentunya kita harus selalu menghormati dan mentaati segala aturan yang telah ditetapkan. Mahasiswa diharapkan mampu menjalin silaturahim yang baik dan dapat menimba ilmu serta pengalaman dari tanah Papua dengan sebaik-baiknya.” Ucap Buk Rektor

Tak lupa, Dekan Fakultas Syari’ah, Dr. H. Ismail, M.Ag mengucapkan selamat kepada Ahmad Zaki, “Selamat menjalani KKN KNMB di Papua 2022, Anda sebagai delegasi dari UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi harus membawa nama baik almamater dan berkontribusi sebagaimana mestinya. Kami Fakultas Syari’ah turut bangga karena kampus kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan kolaborasi dengan PTKIN se-Indonesia.” Ucap Pak Dekan

Lokasi KKN KNMB akan difokuskan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Kerom. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dikoordinir oleh Kemenag pusat dan sebagai koordinator penyelenggaraan KKN KNMB di Jayapura adalah IAIN Fattahul Muluk Papua yang berlangsung kurang lebih 45 hari.

KKN KNMB yang akan diikuti oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ini dimaksudkan untuk memperkuat wawasan, pengetahuan, dan pengalaman dalam membangun kesadaran moderasi beragama secara praksis di masyarakat. (Tim Redaksi FSyar)

Leave a Reply